Rabu, 11 April 2012

CIRI CIRI INFORMASI YANG BERKUALITAS

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    LATAR BELAKANG MASALAH
Komputer memiliki perjalanan yang cukup lama, dari mulai diciptakan hingga sekarang. Sebelum orang menemukan computer yang kenal kita sekarang, pada 5000 tahun yang orang menemukan alat yangb disebut Abacus, yang muncul di Asia kecil dan masih digunakan dibeberapa tempat  hingga saat ini, Abacus dapat dianggap sebagai awal mula komputer.
Dengan menggunakan  komputer  kita dapat memperoleh informasi dari berbagai macam sumber yang bisa membantu kita dalam proses belajar mengajar dengan cara mencari informasi yang berkualitas sesuai dengan teori yang kita pelajari.

1.2    TUJUAN PENULISAN
1.    Untuk memperdalam pengetahuan kami dalam bidang yang di bahas.
2.    Untuk menambah wawasan pengetahuan kami dan hasil-hasil yang di peroleh dari penulisan di harapkan dapat bermanfaat bagi kalangan mahasiswa(i) sebagai generasi penerus bangsa.
3.    Untuk memenuhi tugas mata kuliah Komputer dan Media Pembelajaran.

1.3    PEMBATASAN MASALAH
Setiap penulisan atau penelitian perlu dibatasi masalah yang ingin dibahas agar menjadi jelas, dengan jelasnya masalah maka kekaburan dalam masalah dapat dihindari. Sehubungan hal tersebut maka kami menyusun makalah berkisar tentang Ciri-Ciri Informasi yang Berkualitas.



BAB II
ISI

2.1 Ciri Informasi
Sejumlah informasi yang biasa kita dengarkan atau kita peroleh kadang memiliki karakteristik yang berbeda, tentunya hal itu disesuaikan dengan sumber informasi, bentuk dan jenis informasi serta untuk apa informasi itu kita cari. Dalam membantu anda untuk mengenali bagaimana informasi itu bisa kita kenali, maka berikut penjelasan mengenai ciri-ciri informasi. Deni Darmawan (2001) menjelaskan 6 ciri dari informasi yang bisa memberikan makna bagi pengguna, diantaranya:
1)    Amount of Information (Kuantitas Informasi), dalam arti bahwa informasi yang diolah oleh suatu prosedur pengolahan informasi mampu memenuhi kebutuhan banyaknya informasi.
2)    Quality of Information (Kualitas Informasi), dalam arti bahwa informasi yang diolah oleh sistem pengolahan tertentu mampu memenuhi kebutuhan kualitas informasi.
3)    Recency of Information (Informasi Aktual), dalam arti bahwa informasi yang diolah oleh sistem pengolahan tertentu mampu memenuhi kebutuhan informasi baru.
4)    Relevance of Information (Informasi yang relevan atau sesuai), dalam arti bahwa informasi yang oleh sistem pengolahan tertentu mampu memenuhi kebutuhan informasi.
5)    Accuracy of Information ( Ketepatan Informasi), dalam arti bahwa informasi yang oleh sistem pengolahan tertentu mampu memenuhi kebutuhan informasi
6)    Autehnticity of Information ( Kebenaran Informasi), dalam arti bahwa informasi yang dikelola oleh sistem pengolahan tertentu mampu memenuhi kebutuhan informasi yang benar.
Ciri-ciri dari informasi ini idealnya dimiliki oleh informasi yang dibutuhkan ketika kita akan merumuskan atau membuat kebijakan tertentu, sehingga tindakan atau aktivitas yang diambil sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pemakaian informasi yang dimaksud.
Menurut Mc. Load

Akurasi
Informasi yang dihasilkan benar-benar akurat, data yang dimasukkan dan proses yang digunakan didalam sistem harus benar sesuai dengan kenyataan atau proses harus sesuai dengan perumusan-perumusan yang sesai.

Relevansi
Informasi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi, data yang digunakan untuk diproses seharusnya ada hubungannya dengan masalahnya sehingga informasi yang diberikan bisa sesuai dengan masalah yang dihadapai.

Ketepatan waktu
Informasi yang dihasilkan tepat waktu, kalau saat ini kita membutuhkan suatu informasi maka informasi yang kita butuhkan itulah yang kita dapatkan. Informasi tidak datang waktu yang dah lewat atau sebelumnya.

Kelengkapan
Informasi yang dihasilkan lengkap, informasi yang dihasilan harus lengkap jadi tidak ada kekurangan sedikitpun tentang informasi yang dicari.











BAB III
PENUTUP

3.1    Kesimpulan
Ciri-ciri informasi yang berkualitas :
1. Akurat
2. Tepat waktu
3. Relevan
4. Lengkap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar